Minggu, 31 Agustus 2014

Laporan PKL di Perusahaan Travel


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.                Latar Belakang

Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini yang mana diperlukan oleh setiap orang. Tidak hanya seorang individu atau kelompok saja yang memerlukannya, namun banyak negara yang bergantung dari industri ini sebagai sumber pajak dan pendapatan dalam meningkatkan pendapatan negara serta mendongkrak perekonomian rakyatnya.

Contohnya untuk sebuah perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk di jalani saat ini. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh organisasi pemerintah serta non-pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.

Tak ketinggalan juga negara kita dengan melihat wisata alamnya yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan. Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki keindahan alam yang cukup baik untuk dapat dijadikan daerah tujuan wisata. Iklim tropis Indonesia yang bersifat panas membuat Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi tropis semacam inilah yang menyebabkan Indonesia secara keseluruhan memiliki jenis flora dan fauna yang cukup bervariasi jumlahnya.

Melihat potensi yang cukup besar, rasanya wajar apabila Indonesia dijuluki sebagai surga dunia. Keindahan alam yang tersebar hampir diseluruh penjuru Indonesia ini membuat setiap daerah di Indonesia memiliki daerah tujuan wisatanya masing-masing. Dengan kekayaan alam, suku, keunikan sosial budaya, adat istiadat, arsitektur bangunan yang sangat beraneka ragam, dan tata ruang serta aktivitas masyarakat dalam kesehariannya menempatkan Indonesia sebagai tempat tujuan wisata dunia yang akhirnya mampu menarik banyak wisatawan datang dari bebagai negara untuk berkunjung.

Pesona itu mampu membuat turis-turis penasaran dan ingin menjelajahi Nusantara. Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia akhir tahun 2013, jumlahnya mencapai 8,6 juta orang. Ini adalah rekor kunjungan wisman ke Indonesia. Jumlah ini mengalami pertumbuhan 7,37% dibanding tahun 2012 dengan jumlah 8,04 juta orang. "Tahun ini sepertinya tahun oke untuk pariwisata atau ekonomi kreatif," ujar Menparekraf, Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers akhir tahun 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta (Detik Travel).

Sementara itu di awal tahun 2014 selama bulan Januari-Februari, inilah lima negara penyumbang turis terbanyak ke Indonesia. "Singapura dan Tiongkok masih jadi penyumbang turis terbanyak selama bulan Januari-Februari 2014," ujar Menparekraf, Mari Elka Pangestu saat jumpa pers Awal Bulan April 2014 Kemenparekraf di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta (kompas.com).

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama bulan Januari-Februari 2014, turis paling banyak datang ke Indonesia berasal dari Singapura, Malaysia, Tiongkok (China), Australia dan Jepang. Jumlah kunjungan turis dari tiap-tiap negara tersebut pun mengalami peningkatan dibanding Januari-Februari pada 2013 lalu. Rinciannya selama bulan Januari-Februari 2014, turis Singapura yang datang ke Indonesia sebanyak 211.794, Malaysia 206.894, Tiongkok 185.377, Australia 154.169, dan Jepang 72.837 (Berita Resmi Statistik No. 12/02/Th. XVII).

Hal di atas menegaskan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukan negara yang sangat menguntungkan, tak heran banyak masyarakat yang bermata pencahariannya terkait dengan sektor pariwisata seperti usaha-usaha pemenuhan kebutuhan pelayanan jasa (biro perjalanan, hotel, restaurant, atraksi wisata, angkutan atau transportasi dan cinderamata berupa barang-barang kerajinan), dimana satu sama lainnya saling berhubungan dan saling menunjang.

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan satu dari banyaknya pulau di Indonesia yang mempunyai banyak obyek menarik dengan keadaan alam yang sangat mendukung, beragam kebudayaan dan tradisi, serta atraksi yang dapat dinikmati maupun kerajinan tangan yang menjadi pelengkap untuk aktifitas pariwisata. Dengan jumlah kunjungan wisatawan satu juta lebih wisman pada tahun kemarin mengindikasikan bahwa NTB merupakan daerah yang sangat populer sebagai obyek wisata. Selain itu NTB juga masuk dalam koridor 4 gerbang pembangunan industri pariwisata Indonesia bersama pulau Sumatra, Jawa, Bali yang menjadi faktor penting untuk pembangunan pariwisata yang lebih maju dan menjanjikan kedepannya.

Nama Provinsi NTB, khususnya Pulau Lombok sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan dunia semakin mentereng. Dari hasil survei yang dilakukan Majalah Venue, salah satu majalah wisata terkemuka di Indonesia mencatat Pulau Lombok berada dalam lima besar destinasi terfavorit. Tidak hanya itu, untuk wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition), posisi Pulau Lombok semakin membaik dengan menempati posisi ketiga setelah Bali dan Jakarta (berita media/pemda NTB/2013).

Menurut data BPS, peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2014 yang sangat menonjol terlihat di pintu masuk Bandara Internasional Lombok (214,7 persen), Bandara Adisucipto Yogyakarta (44 persen), dan Bandara Husein Sastranegara Bandung (23,03 persen) pada tahun ini. Selama Januari-Maret wisatawan mancanegara yang masuk melalui Bandara Internasional Lombok 15.954 orang, 4.962 di antaranya dari Australia (antaranews.com).

Untuk dapat lebih mengenal salah satu obyek tujuan pariwisata ini, oleh karena itu kita membutuhkan sebuah penanganan atau sentuhan yang dapat menunjang kegiatan pariwisata seperti sarana dan prasarana seperti di atas. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan pada perusahaan yang sesuai dengan konsentrasi yang ditekuni di perkuliahan yaitu usaha perjalanan wisata di PT. Jenny Tour and Travel yang kesehariannya bergerak dalam bidang perjalanan wisata, seperti pelayanan tiket, program wisata (tour), penyediaan penginapan (hottel voucher) atau transportasi, dll.

Penulis berharap setelah selesai nantinya akan menambah keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kerja langsung di dalam dunia kerja yang tentunya berbeda dengan teori-teori yang didapatkan di bangku perkuliahan.

1.2.                Maksud dan Tujuan

Pelaksanaan praktik kerja lapangan (on the job training) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengenalan dunia kerja kepada mahasiswa agar mampu mengadakan perbandingan antara teori yang diperoleh selama perkuliahan dengan kenyataan sebenarnya yang ada di lapangan. Dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal lebih jauh terhadap dunia kerja dan menetapkan diri secara mendalam atas profesi yang diinginkan setelah menyelesaikan studinya nanti. Selain itu pula hal ini mampu untuk melatih kedisiplinan, mental, serta sikap dan prilaku yang sesuai untuk bidangnya.

Adapun tujuan dari segi akademik, selain dari yang di atas adalah untuk menjadi syarat kelulusan mahasiswa. Dalam hal ini, PKL termasuk di dalam salah satu SKS yang diprogramkan kepada kami.
BAB II
TINJAUAN UMUM

2.1. Sejarah Singkat Perusahaan 


Perusahaan PT. Jenny Tour and Travel berdiri sudah 8 tahun lamanya dan masih eksis dalam industri pariwisata yang didirikan oleh sekelompok pemuda yang ingin membantu mengembangkan dan mempromosikan pulau Lombok yang begitu indah dengan pemandangan murni dan alami, terutama pantai yang indah dengan pasir putih yang bersih yang merupakan surga bagi pecinta olahraga air (surfing, diving dan snorkeling) dan begitu pula keindahan gunung Rinjani yang sangat terkenal sampai ke luar negeri. Dan bagi yang ingin mengetahui budaya sasak Lombok yang beragam, sangat menarik dan unik. 

Dalam tujuan yang sama tersebut berdirilah perusahaan ini yang diambil dari nama salah seorang anggota pendiri, yakni ibu Jenny Soepiantoro. Namun beliau sudah meninggal ketika perusahaan berjalan beberapa tahun yang kemudian diambil alih oleh suaminya yang juga merupakan salah satu pendirinya yakni pak Rudi Mulyono

Visi dan misinya adalah untuk memfasilitasi wisatawan domestik dan asing mengenal pulau Lombok lebih dekat. Jadi dengan ini Jenny Lombok Tours selalu hadir untuk melayani anda selama liburan anda di pulau Lombok

Kantor perusahaan ini berada di jalan Sriwijaya no.80 E, Mataram (depan hotel Grand Legi) dan melayani :




 
1.       In bound & out bound
2.       Domestic & international ticketing
3.       Lombok Paket Wisata Tour Lengkap
4.       Trekking Paket Taman Nasional Gunung Rinjani
5.       Konvensi Tour (Rapat)
6.       Lombok Honeymoon Package (Honeymoon)
7.       Lombok Tour Package Group
8.       Paket Individu dan Swasta
9.       Fishing Paket Wisata
10.    Lombok Surfing Paket di Lombok Diving
11.    Sewa Mobil Selama di Lombok dan Bis
12.    Reservasi Hotel dan Restaurant di Lombok, dll


2.2. Struktur Organisasi

Berikut ini adalah struktur organisasi perusahaan PT. Jenny Tour and Travel :
Gambar 1 : struktur organisasi PT. Jenny Tour and Travel


 


2.3. Job Description

2.3.1. Owner/Pimpinan                                  

Pimpinan Adalah pemilik sekaligus direktur perusahaan yang hanya bertugas memantau dan mengawasi jalannya perusahaan sesuai dengan yang diinginkan.
Tugasnya :
a.     Merancang, mengawasi, dan menetapkan tujuan perusahaan.
b.     Membuat kebijakan yang dipandang perlu untuk kemajuan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.
c.     Mencari jaringan dan klien.
d.     Menghadiri pertemuan-pertemuan penting.
e.     Mengambil suatu keputusan yang dianggap perlu untuk kemajuan perusahaan.
f.      Menyetujui suatu hal yang akan dilakukan untuk kepentingan perusahaan.
g.     Terkadang membuat paket tour dan mempromosikannya.

2.3.2. Operational Manager
Menejer operasional Adalah orang yang mempunyai wewenang dan bertanggung jawab atas kelancaran operasional perusahaan dan melakukan pengawasan serta memberikan pengarahan terhadap kinerja karyawannya demi kelancaran operasional perusahaan.
Tugasnya :
a.     Mengontrol semua ruang lingkup kerja dan mengawasi jalannya seluruh kegiatan operasional dan seluruh aktivitas sehari-hari dalam perusahaan.
b.     Mengkoordinasi dan mengawasi pekerjaan.
c.     Membuat kontrak kerja dengan perusahaan lain seperti agen perjalanan lain, hotel, tempat souvenir/oleh-oleh, rumah makan, atau restoran.
d.     Memberikan teguran terhadap karyawan yang melanggar atau lalai dalam menjalankan tugasnya.
e.     Membuat program dan menetapkan harga paket, hotel, tour, dan lain-lain.
f.      Menjaga hubungan baik dengan sales agent (agent-agent perjalanan).
g.     Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan tugas-tugas dan tanggung jawab atas perusahaan atau karyawan.
h.     Mampu menjalankan tour operasional dan menjadi guide perusahaan

2.3.3. Finance Manager
Tugasnya :
a.     Mengatur aliran dana yang keluar masuk dari perusahaan, antara lain:  Mengecek piutang perusahaan yang belum dibayar oleh perusahaan/pelanggan.
b.     Membayar gaji karyawan
c.     Membayar operasional tour

2.3.4. Ticket Reservasi
Tugasnya:
a.     Menerima /menjawab telepon yang masuk.
b.     Menerima pesanan tiket baik secara langsung maupun via-telepon (reservation on line).
c.     Mendata maupun mengecek perlengkapan oprasional untuk menunjang kelancaran kerja, seperti ketersediaan tiket, fungsi sistem, dan lain-lain.
d.     Mencetak (issued) tiket pesawat untuk penumpang.

2.3.5. Ticket Accounting
Tugasnya:
a.     Menyiapkan dan membeli segala keperluan untuk kantor.
b.     Membuat laporan hasil penjualan tiket dalam bentuk laporan kas harian (LKH).
c.     Mengontrol keadaan keuangan perusahaan (pengeluaran dan pemasukan).
d.     Melakukan pembayaran untuk setiap invoice/nota tagihan yang masuk dari agent.
e.     Menindaklanjuti setiap tagihan-tagihan ke agent.
f.      Memberikan laporan kepada manager apa yang telah dilakukan setiap saat dan membuat jurnal laporan keuangan tiap akhir bulan.
g.      Mengecek uang perusahaan yang akan disetor kepada air lines, IATA, atau lembaga yang menyangkut keperluan sebagian perusahaan yang dimandatkan pimpinan seperti pembayaran pajak, listrik, telepon, dll.

2.3.6. Messenger
Messenger adalah seorang karyawan yang bertugas untuk memenuhi dan mengurus segala macam kebutuhan yang diperlukan perusahaan di luar kantor, seperti :
a.     mengantar tiket.
b.     membayar setoran/tunggakan perusahaan (top-up, pajak, listrik, telepon, dll).
c.     membeli kebutuha perusahaan seperti alat-alat cetak (tinta, cd, kertas,dll), bahan dapur, dan keperluan-keperluan lainnya.
d.     Servis kendaraan kantor, dll

2.3.7. Guide
Seorang guide free land yang sewaktu-waktu dipanggil ketika ada tour yang dijalani.

2.4 Job Specification

Dalam menunjang berjalannya semua kegiatan perusahaan dengan lancar maka dibutuhkan tenaga-tenaga yang berpengalaman, profesional, serta ulet pada bidangnya serta memiliki spesifikasi atau job specification untuk suatu jabatan yang bisa dipegang  memerlukan persyaratan seperti berikut :

2.4.1. Owner/Pemimpin
a.     Pemilik perusahaan itu sendiri.
b.     Mempunyai kemampuan leadership (jiwa kepemimpinan) dalam segala bidang, serta ramah dan bijaksana dalam bertindak.
c.     Memiliki dedikasi yang tinggi dalam bekerja serta memiliki wawasan dalam pengetahuan yang luas.
d.     Harus mampu mengambil keputusan secara cepat, tepat, dan tegas.
e.     Jujur dan bertanggung jawab dalam memimpin.
f.      Menentukan harga tour yang akan dijual dan cara menetapkannya serta bisa memimpin karyawan dengan baik.

2.4.2. Operatioal Manager
a.     Mempunyai kemampuan leadership (jiwa kepemimpinan) dalam bidangnya, serta ramah dan bijaksana dalam bertindak.
b.     Memiliki dedikasi yang tinggi dalam bekerja serta memiliki pengetahuan yang baik dan luas pada bidangnya.
c.     Jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
d.     Mampu membuat keputusan secara cepat, tepat, dan tegas.
e.     Pendidikan minimal S1.
f.      Menguasai bahasa Inggris dengan baik.

2.4.3. Finance Manager
a.     Mampu dan cakap dalam melakukan negosiasi secara cepat dan tanggap.
b.     Menguasai secara mendalam bidang akunting dan penguasaan komputernya.
c.     Minimal lulusan S1 untuk bidangnya.

2.4.4. Ticket Reservasi
a.     Memiliki kemampuan komputer.
b.     Mampu memberikan informasi yang jelas kepada konsumen/penumpang.
c.     Mampu berkomunikasi dengan baik.
d.     Jujur dan bertanggung jawab dalam bekerja.
e.     Minimal lulusan SMK/D III atau sederajat.
f.      Memiliki pengalaman pada bidang ticketing.
g.     Berpenampilan menarik.

2.4.5. Ticket Accounting
a.     Memiliki pengalaman pada bidang komputer dan akuntansi.
b.     Memiliki ilmu pengetahuan tentang dasar-dasar akuntansi.
c.     Jujur dan bertanggung jawab dalam bekerja.
d.     Pendidikan terakhir minimal SMK/D III atau sederajat.
e.     Mampu mengatur keuangan perusahaan.
f.      Berpenampilan menarik.

2.4.6. Messenger
a.       Pendidikan terakhir minimal SMA/SMK dan sederajatnya.
b.       Bisa menggunakan sepeda motor dan mempunyai Surat Ijin Mengemudi.(SIM).

2.4.7. Guide Free Land
a.       Mempunyai lisensi sebagai pramuwisata.
b.       Minimal mampu menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris dengan baik.
c.        Menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris dengan baik.
d.       Mampu  menguasai bidangnya dengan baik, seperti pemanduan, obyek wisata, dll.

2.5 Hubungan Antar Bagian

Dalam satu perusahaan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya mempunyai keterkaitan hubungan, seperti hubungan yang ada dalam perusahaan PT. Jenny Tour & Travel, antara pemimpin dengan manager dan staff mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan kebijakan perusahaan guna mengetahui perkembangan dan kemajuan perusahaan serta mengatur segala bentuk kegiatan perusahaan. Dengan begitu perusahaan akan berjalan ke arah yang diinginkan.

Selain itu juga, dengan adanya hubungan-hubungan yang terbentuk satu sama lain dalam struktur organisasi memudahkan bagi setiap bagian untuk menjalankan tugasnya masing-masing tanpa harus mengerjakan hal lain yang bukan keterampilannya. Contohnya saja saat penanganan tiket, setelah tiket di issued maka akunting tiket akan membuat invoice atau nota pembayaran bagi pelanggan. Dan apabila saldo untuk mencetak tiket sudah habis, akan di top-up oleh seorang karyawan (messenger) ke bank.

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PKL

Kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) telah dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh pihak Akademik DIII Pariwisata Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, berikut ini adalah Peraktik Kerja Lapangan :
Table 1.1
No
Tanggal
Jeni Kegiatan
keterangan
1
12-5-2014
Penerimaan dan perkenalan dengan staf PT. Jenny Tour and Travel serta adaptasi dengan lingkungan pekerjaan selama seminggu.
Diterima dengan baik dan ramah
2
19-05-2014
Pembelajaran pekerjaan pada bagian tour operation
Melihat pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan dan menghafal nomer telepon serta fax hotel secara pelan-pelan
3
20-5-2014
Belajar menggunakan fax dan mengirim fax ke hotel yang akan dibooking
Belajar menggunakan fax kantor dan mengirim ke hotel tujuan (rutin)
4
20-5-2014
Belajar konfirmasi fax ke hotel yang telah dikirimi fax
Setelah melakukan fax ke hotel tujuan, langsung mengkonfirmasi agar fax yang dikirim diterima oleh pihak hotel untuk segera disetujui (rutin)
5
20-5-2014
Melengkapi berkas tour yang akan dijalani
Mengumpulkan berkas-berkas perjanjian tour yang sudah fix di dalam sebuah map seperti booking hotel, tempat makan, atau tempat wisata yang akan dikunjungi (rutin)
6
21-5-2014
Reissued+Check-in tiket Lion ke hotel Plaza
Jika ada tiket Lion yang akan dibatalkan atau di chek-in (rutin)
7
22-5-2014
Mengantar tiket
Setiap tiket yang perlu untuk diantar (rutin)
8
24-5-2014
Transfer tunai+top up ke Lion dan City Link
Jika saldo sudah habis (rutin)
9
24-5-2014
Mengambil selendang di Lombok Exotic
Sehari sebelum tour dijalani (kadang-kadang)
10
25-5-2014
Penjemputan sekaligus penyambutan tamu dari Surabaya+sarapan di rumah makan puyung di depan BIL+check-in hotel Jayakarta
Sebagai back-up dari kantor agar kegiatan tour berjalan sesuai rencana
11
26-5-2014
Melengkapi file white board
Membuat file tour bulanan yang ada di papan putih ke dalam laptop
12
27-5-2014
Membuat berkas tour yang akan dijalani
Membuat file lengkap berkas tour (rutin)
13
28-5-2014
Reissued tiket Lion ke BIL
Perubahan jadwal apabila tidak bisa dilakukan di konter Lion Hotel Lombok Plaza
14
30-5-2014
Membuat form ke hotel yang akan dibooking atas nama sendiri
Membuat surat booking hotel atas nama sendiri
15
11-6-2014
Sakit
-
16
19-6-2014
Merayakan ulang tahun pimpinan perusahaan
-
17
30-6-2014
Mengisi white board dengan program tour bulanan
Mengisi papan putih yang ada di rungan dengan program tour yang akan dijalani bulan Juli
18
03-7-2014
Bersih-bersih kantor+Buka bersama seluruh pegawai
-
19
12-7-2014
Meeting dengan klien dari Surabaya untuk perencanaan program tour
Diikutsertakan oleh pak Jayus sebagai salah satu staff Jenny yang akan membantu dalam menjalani program tour
20
13-7-2014
Menjadi back-up program Pacto Surabaya di Hotel Santika
Back-up tour agar berjalan sesuai rencana
21
14-7-2014
Membayar tagihan telepon perusahaan
-
22
15-7-2014
Membayar tagihan pajak perusahaan
-
23
16-7-2014
Membayar tagihan listrik perusahaan
-
24
17-7-2014
Servis motor perusahaan
-
25
21-7-2014
Web Check-in Lion+refund tiket ke BIL
Melakukan web check-in melalui system Lion jika ada (rutin) dan refund tiket ke BIL karena tidak dapat dilakukan di konter cabang yang ada di Hotel Lombok Plaza
26
26-7-2014
Transfer out tamu di penginapan ke bandara
Menjemput tamu di Living Asia untuk ditransfer menuju bandara
27
27-7-2014
Check-in tiket Garuda untuk menejer operasional
Check-in tiket garuda di kantor cabang yang ada di Ampenan (rutin)
28
28-7-2014
Check-in tiket Garuda untuk pimpinan perusahaan
­-
29
01-8-2014
Perpisahan dengan pimpinan dan seluruh staf PT. Jenny Tour and Travel
Mengantar baju perusahaan

Demikian laporan PKL yang dilakukan penulis selama tiga bulan di PT. Jenny Tour and Travel yang dimulai dari tanggal 12 Mei 2014 s/d 1 Agustus yang telah diselesaikan.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1. Kesimpulan

Selama melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) di PT. Jenny Tour and Travel saya banyak mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berharga dimana saya bisa menerapkan ilmu-ilmu yang pernah didapatkan di perkuliahan. Ini merupakan suatu bentuk pembelajaran yang sangat penting guna menambah pengalaman yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan.

Dengan kegiatan PKL ini akan membantu mahasiswa untuk mengenal secara langsung dunia kerja serta tugas-tugas atau bentuk pelayanan yang diberikan kepada tamu/wisatawan yang sesungguhnya. Dengan kegiatan ini pula, dianjurkan bagaimana mengerjakan serta menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dari awal sampai akhir secara efektif dan efisien. Selain itu pula bisa mendidik untuk bersikap disiplin, baik waktu maupun bekerja secara jujur dan penuh tanggung jawab pada tugas yang diberikan.

Dengan kegiatan ini saya menyimpulkan bahwa praktek kerja lapangan ini merupakan program yang sangat penting bagi kami mahasiswa D III Pariwisata Fakultas Ekonomi Universitas Mataram karena dengan adanya program ini, kami dapat melihat langsung proses-proses kegiatan yang ada di dalam perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan lebih khusunya dalam bidang tour operation.

3.2. Saran
1.     Agar mahasiswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan hendaknya menjaga nama baik lembaga dan lebih mengutamakan kesopanan dengan etika kerja yang tinggi.
2.     Kepada pihak PT. Jenny Tour and Travel diharapkan :
a.     Agar lebih mengoptimalkan kerjasama antar sesama karyawan agar segala sesuatu yang dikerjakan bisa berjalan lebih baik dan semua permasalahan yang timbul dapat terselesaikan secara baik.
b.     Agar menjaga sikap saat di dalam lingkungan pekerjaan serta saling menghormati sesama karyawan sehingga terjalin harmonisasi antar sesama.
c.     Untuk meningkatkan pelayanan yang dibutuhkan oleh para pelanggan sehingga lebih merasa puas dengan jasa yang disuguhkan oleh para karyawan PT. Jenny Tour and Travel.
d.     Mampu mengadakan promosi-promosi perusahaan yang tepat dan cerdas agar dikenal masyarakat luas.
e.     Meningkatkan kerjasama dengan industri pendukung pariwisata lainnya.
f.      Meningkatkan kedisiplinan kerja tepat pada waktunya agar suatu pekerjaan berjalan dengan baik jika ada sikap kedisiplinan.


DAFTAR PUSTAKA

·         Perkembangan pariwisata (Refrensi dari Investor Daily Indonesia dan Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas)
·         Berita Resmi Statistik No. 12/02/Th. XVII, 3 Februari 2014
·         http://Rekor terpecahkan! 8,6 juta wisman datang ke Indonesia tahun 2013-detik travel.com (Selasa, 24/12/2013 17:40 WIB)
·         http://Mari  Target 2014, 255 Juta Wisnus dan 9,2 Juta Wisman-Kompas.com (Rabu, 25 Desember 2013 16:17 WIB)
·         http://Pulau Lombok menepati posisi ketiga untuk wisata MICE/berita media-pemda NTB-2013 (NTB Online Official Web Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, diakses pada hari Senin, 12 Mei 2014 10.13 WIB)
·         http://Kunjungan turis ke Indonesia naik 10 persen-antaranews.com (Jumat, 2 Mei 2014 17:03 WIB)
·         Official web PT. Jenny Tour and Travel

promo paket backpacker (anda adalah keluarga dan orang pertama yang akan saya jamu dengan istimewa tidak sekedar 7 hari jika masih sanggup bertualang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar