BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini yang mana diperlukan oleh setiap orang. Tidak hanya seorang individu atau kelompok saja yang memerlukannya, namun banyak negara yang bergantung dari industri ini sebagai sumber pajak dan pendapatan dalam meningkatkan pendapatan negara serta mendongkrak perekonomian rakyatnya.
Contohnya untuk sebuah perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk di jalani saat ini. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh organisasi pemerintah serta non-pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
Tak ketinggalan juga negara kita dengan melihat wisata alamnya yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan. Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki keindahan alam yang cukup baik untuk dapat dijadikan daerah tujuan wisata. Iklim tropis Indonesia yang bersifat panas membuat Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi tropis semacam inilah yang menyebabkan Indonesia secara keseluruhan memiliki jenis flora dan fauna yang cukup bervariasi jumlahnya.
Melihat potensi yang cukup besar, rasanya wajar apabila Indonesia dijuluki sebagai surga dunia. Keindahan alam yang tersebar hampir diseluruh penjuru Indonesia ini membuat setiap daerah di Indonesia memiliki daerah tujuan wisatanya masing-masing. Dengan kekayaan alam, suku, keunikan sosial budaya, adat istiadat, arsitektur bangunan yang sangat beraneka ragam, dan tata ruang serta aktivitas masyarakat dalam kesehariannya menempatkan Indonesia sebagai tempat tujuan wisata dunia yang akhirnya mampu menarik banyak wisatawan datang dari bebagai negara untuk berkunjung.
Pesona itu mampu membuat turis-turis penasaran dan ingin menjelajahi Nusantara. Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia akhir tahun 2013, jumlahnya mencapai 8,6 juta orang. Ini adalah rekor kunjungan wisman ke Indonesia. Jumlah ini mengalami pertumbuhan 7,37% dibanding tahun 2012 dengan jumlah 8,04 juta orang. "Tahun ini sepertinya tahun oke untuk pariwisata atau ekonomi kreatif," ujar Menparekraf, Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers akhir tahun 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta (Detik Travel).
Sementara itu di awal tahun 2014 selama bulan Januari-Februari, inilah lima negara penyumbang turis terbanyak ke Indonesia. "Singapura dan Tiongkok masih jadi penyumbang turis terbanyak selama bulan Januari-Februari 2014," ujar Menparekraf, Mari Elka Pangestu saat jumpa pers Awal Bulan April 2014 Kemenparekraf di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta (kompas.com).
Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama bulan Januari-Februari 2014, turis paling banyak datang ke Indonesia berasal dari Singapura, Malaysia, Tiongkok (China), Australia dan Jepang. Jumlah kunjungan turis dari tiap-tiap negara tersebut pun mengalami peningkatan dibanding Januari-Februari pada 2013 lalu. Rinciannya selama bulan Januari-Februari 2014, turis Singapura yang datang ke Indonesia sebanyak 211.794, Malaysia 206.894, Tiongkok 185.377, Australia 154.169, dan Jepang 72.837 (Berita Resmi Statistik No. 12/02/Th. XVII).
Hal di atas menegaskan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukan negara yang sangat menguntungkan, tak heran banyak masyarakat yang bermata pencahariannya terkait dengan sektor pariwisata seperti usaha-usaha pemenuhan kebutuhan pelayanan jasa (biro perjalanan, hotel, restaurant, atraksi wisata, angkutan atau transportasi dan cinderamata berupa barang-barang kerajinan), dimana satu sama lainnya saling berhubungan dan saling menunjang.
Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan satu dari banyaknya pulau di Indonesia yang mempunyai banyak obyek menarik dengan keadaan alam yang sangat mendukung, beragam kebudayaan dan tradisi, serta atraksi yang dapat dinikmati maupun kerajinan tangan yang menjadi pelengkap untuk aktifitas pariwisata. Dengan jumlah kunjungan wisatawan satu juta lebih wisman pada tahun kemarin mengindikasikan bahwa NTB merupakan daerah yang sangat populer sebagai obyek wisata. Selain itu NTB juga masuk dalam koridor 4 gerbang pembangunan industri pariwisata Indonesia bersama pulau Sumatra, Jawa, Bali yang menjadi faktor penting untuk pembangunan pariwisata yang lebih maju dan menjanjikan kedepannya.
Nama Provinsi NTB, khususnya Pulau Lombok sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan dunia semakin mentereng. Dari hasil survei yang dilakukan Majalah Venue, salah satu majalah wisata terkemuka di Indonesia mencatat Pulau Lombok berada dalam lima besar destinasi terfavorit. Tidak hanya itu, untuk wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition), posisi Pulau Lombok semakin membaik dengan menempati posisi ketiga setelah Bali dan Jakarta (berita media/pemda NTB/2013).
Menurut data BPS, peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2014 yang sangat menonjol terlihat di pintu masuk Bandara Internasional Lombok (214,7 persen), Bandara Adisucipto Yogyakarta (44 persen), dan Bandara Husein Sastranegara Bandung (23,03 persen) pada tahun ini. Selama Januari-Maret wisatawan mancanegara yang masuk melalui Bandara Internasional Lombok 15.954 orang, 4.962 di antaranya dari Australia (antaranews.com).
Untuk dapat lebih mengenal salah satu obyek tujuan pariwisata ini, oleh karena itu kita membutuhkan sebuah penanganan atau sentuhan yang dapat menunjang kegiatan pariwisata seperti sarana dan prasarana seperti di atas. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan pada perusahaan yang sesuai dengan konsentrasi yang ditekuni di perkuliahan yaitu usaha perjalanan wisata di PT. Jenny Tour and Travel yang kesehariannya bergerak dalam bidang perjalanan wisata, seperti pelayanan tiket, program wisata (tour), penyediaan penginapan (hottel voucher) atau transportasi, dll.
Penulis berharap setelah selesai nantinya akan menambah keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kerja langsung di dalam dunia kerja yang tentunya berbeda dengan teori-teori yang didapatkan di bangku perkuliahan.
1.2.
Maksud dan Tujuan
Pelaksanaan praktik kerja lapangan (on the job training) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengenalan dunia kerja kepada mahasiswa agar mampu mengadakan perbandingan antara teori yang diperoleh selama perkuliahan dengan kenyataan sebenarnya yang ada di lapangan. Dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal lebih jauh terhadap dunia kerja dan menetapkan diri secara mendalam atas profesi yang diinginkan setelah menyelesaikan studinya nanti. Selain itu pula hal ini mampu untuk melatih kedisiplinan, mental, serta sikap dan prilaku yang sesuai untuk bidangnya.
Adapun tujuan dari segi akademik, selain dari yang di atas adalah untuk menjadi syarat kelulusan mahasiswa. Dalam hal ini, PKL termasuk di dalam salah satu SKS yang diprogramkan kepada kami.
BAB II
2.1. Sejarah Singkat Perusahaan
Perusahaan PT. Jenny Tour and Travel berdiri sudah 8 tahun lamanya dan masih eksis dalam industri pariwisata yang didirikan oleh sekelompok pemuda yang ingin membantu mengembangkan dan mempromosikan pulau Lombok yang begitu indah dengan pemandangan murni dan alami, terutama pantai yang indah dengan pasir putih yang bersih yang merupakan surga bagi pecinta olahraga air (surfing, diving dan snorkeling) dan begitu pula keindahan gunung Rinjani yang sangat terkenal sampai ke luar negeri. Dan bagi yang ingin mengetahui budaya sasak Lombok yang beragam, sangat menarik dan unik.
Dalam tujuan yang sama tersebut berdirilah perusahaan ini yang diambil dari nama salah seorang anggota pendiri, yakni ibu Jenny Soepiantoro. Namun beliau sudah meninggal ketika perusahaan berjalan beberapa tahun yang kemudian diambil alih oleh suaminya yang juga merupakan salah satu pendirinya yakni pak Rudi Mulyono.
Visi dan misinya adalah untuk memfasilitasi wisatawan domestik dan asing mengenal pulau Lombok lebih dekat. Jadi dengan ini Jenny Lombok Tours selalu hadir untuk melayani anda selama liburan anda di pulau Lombok.
Kantor perusahaan ini berada di jalan Sriwijaya no.80 E, Mataram (depan hotel Grand Legi) dan melayani :
Perusahaan PT. Jenny Tour and Travel berdiri sudah 8 tahun lamanya dan masih eksis dalam industri pariwisata yang didirikan oleh sekelompok pemuda yang ingin membantu mengembangkan dan mempromosikan pulau Lombok yang begitu indah dengan pemandangan murni dan alami, terutama pantai yang indah dengan pasir putih yang bersih yang merupakan surga bagi pecinta olahraga air (surfing, diving dan snorkeling) dan begitu pula keindahan gunung Rinjani yang sangat terkenal sampai ke luar negeri. Dan bagi yang ingin mengetahui budaya sasak Lombok yang beragam, sangat menarik dan unik.
Dalam tujuan yang sama tersebut berdirilah perusahaan ini yang diambil dari nama salah seorang anggota pendiri, yakni ibu Jenny Soepiantoro. Namun beliau sudah meninggal ketika perusahaan berjalan beberapa tahun yang kemudian diambil alih oleh suaminya yang juga merupakan salah satu pendirinya yakni pak Rudi Mulyono.
Visi dan misinya adalah untuk memfasilitasi wisatawan domestik dan asing mengenal pulau Lombok lebih dekat. Jadi dengan ini Jenny Lombok Tours selalu hadir untuk melayani anda selama liburan anda di pulau Lombok.
Kantor perusahaan ini berada di jalan Sriwijaya no.80 E, Mataram (depan hotel Grand Legi) dan melayani :
1.
In bound & out
bound
2.
Domestic &
international ticketing
3.
Lombok
Paket Wisata Tour Lengkap
4.
Trekking
Paket Taman Nasional Gunung Rinjani
5.
Konvensi
Tour (Rapat)
6.
Lombok
Honeymoon Package (Honeymoon)
7.
Lombok
Tour Package Group
8.
Paket
Individu dan Swasta
9.
Fishing
Paket Wisata
10. Lombok Surfing Paket di Lombok Diving
11. Sewa Mobil Selama di Lombok dan Bis
12. Reservasi Hotel dan Restaurant di Lombok,
dll
2.2. Struktur Organisasi
Berikut ini adalah struktur organisasi perusahaan PT. Jenny Tour and Travel :
Gambar
1 : struktur organisasi PT. Jenny Tour and Travel
2.3. Job Description
2.3.1.
Owner/Pimpinan
Pimpinan Adalah pemilik sekaligus direktur perusahaan yang hanya bertugas memantau dan mengawasi jalannya perusahaan sesuai dengan yang diinginkan.
Tugasnya :
a. Merancang,
mengawasi, dan menetapkan tujuan perusahaan.
b. Membuat
kebijakan yang dipandang perlu untuk kemajuan perusahaan dan kesejahteraan
karyawan.
c. Mencari
jaringan dan klien.
d. Menghadiri
pertemuan-pertemuan penting.
e. Mengambil
suatu keputusan yang dianggap perlu untuk kemajuan perusahaan.
f.
Menyetujui suatu hal yang akan dilakukan
untuk kepentingan perusahaan.
g. Terkadang
membuat paket tour dan mempromosikannya.
2.3.2. Operational Manager
Menejer
operasional Adalah orang yang mempunyai wewenang dan bertanggung jawab atas
kelancaran operasional perusahaan dan melakukan pengawasan serta memberikan
pengarahan terhadap kinerja karyawannya demi kelancaran operasional perusahaan.
Tugasnya :
a. Mengontrol
semua ruang lingkup kerja dan mengawasi jalannya seluruh kegiatan operasional
dan seluruh aktivitas sehari-hari dalam perusahaan.
b. Mengkoordinasi
dan mengawasi pekerjaan.
c. Membuat
kontrak kerja dengan perusahaan lain seperti agen perjalanan lain, hotel,
tempat souvenir/oleh-oleh,
rumah makan, atau restoran.
d. Memberikan
teguran terhadap karyawan yang melanggar atau lalai dalam menjalankan tugasnya.
e. Membuat
program dan menetapkan harga paket, hotel, tour, dan lain-lain.
f.
Menjaga hubungan baik dengan sales agent
(agent-agent perjalanan).
g. Menyelesaikan
masalah-masalah yang berkaitan dengan tugas-tugas dan tanggung jawab atas
perusahaan atau karyawan.
h. Mampu
menjalankan tour operasional dan menjadi guide perusahaan
2.3.3. Finance Manager
Tugasnya :
a. Mengatur
aliran dana yang keluar masuk dari perusahaan, antara lain: Mengecek piutang perusahaan yang belum
dibayar oleh perusahaan/pelanggan.
b. Membayar
gaji karyawan
c. Membayar
operasional tour
2.3.4. Ticket Reservasi
Tugasnya:
a. Menerima
/menjawab telepon yang masuk.
b. Menerima
pesanan tiket baik secara langsung maupun via-telepon (reservation on line).
c. Mendata
maupun mengecek perlengkapan oprasional untuk menunjang kelancaran kerja, seperti
ketersediaan tiket,
fungsi sistem, dan lain-lain.
d. Mencetak (issued) tiket pesawat untuk penumpang.
2.3.5. Ticket Accounting
Tugasnya:
a. Menyiapkan
dan membeli segala keperluan untuk kantor.
b. Membuat
laporan hasil penjualan tiket dalam bentuk laporan kas harian (LKH).
c. Mengontrol
keadaan keuangan perusahaan (pengeluaran dan pemasukan).
d. Melakukan
pembayaran untuk setiap invoice/nota
tagihan yang masuk dari agent.
e. Menindaklanjuti
setiap tagihan-tagihan ke agent.
f.
Memberikan laporan kepada manager apa yang
telah dilakukan setiap saat dan membuat jurnal laporan keuangan tiap akhir
bulan.
g.
Mengecek uang perusahaan yang akan disetor
kepada air lines, IATA, atau lembaga yang menyangkut keperluan sebagian
perusahaan yang dimandatkan pimpinan seperti pembayaran pajak, listrik,
telepon, dll.
2.3.6. Messenger
Messenger adalah seorang
karyawan yang bertugas untuk memenuhi dan mengurus segala macam kebutuhan yang
diperlukan perusahaan di luar kantor, seperti :
a. mengantar
tiket.
b. membayar
setoran/tunggakan perusahaan (top-up, pajak, listrik, telepon, dll).
c. membeli
kebutuha perusahaan seperti alat-alat cetak (tinta, cd, kertas,dll), bahan dapur,
dan keperluan-keperluan lainnya.
d. Servis
kendaraan kantor, dll
2.3.7. Guide
Seorang
guide free land yang sewaktu-waktu dipanggil ketika ada tour yang dijalani.
2.4 Job Specification
Dalam
menunjang berjalannya semua kegiatan perusahaan dengan lancar maka dibutuhkan
tenaga-tenaga yang berpengalaman, profesional, serta ulet pada bidangnya serta
memiliki spesifikasi atau job specification untuk suatu jabatan yang bisa
dipegang memerlukan persyaratan seperti
berikut :
2.4.1. Owner/Pemimpin
a. Pemilik
perusahaan itu sendiri.
b. Mempunyai
kemampuan leadership (jiwa kepemimpinan) dalam segala bidang, serta ramah dan
bijaksana dalam bertindak.
c. Memiliki
dedikasi yang tinggi dalam bekerja serta memiliki wawasan dalam pengetahuan
yang luas.
d. Harus
mampu mengambil keputusan secara cepat, tepat, dan tegas.
e. Jujur
dan bertanggung jawab dalam memimpin.
f.
Menentukan harga tour yang akan dijual dan
cara menetapkannya serta bisa memimpin karyawan dengan baik.
2.4.2. Operatioal Manager
a. Mempunyai
kemampuan leadership (jiwa kepemimpinan) dalam bidangnya, serta ramah dan
bijaksana dalam bertindak.
b. Memiliki
dedikasi yang tinggi dalam bekerja serta memiliki pengetahuan yang baik dan luas
pada bidangnya.
c. Jujur
dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
d. Mampu
membuat keputusan secara cepat, tepat, dan tegas.
e. Pendidikan
minimal S1.
f.
Menguasai bahasa Inggris dengan baik.
2.4.3. Finance Manager
a. Mampu
dan cakap dalam melakukan negosiasi secara cepat dan tanggap.
b. Menguasai
secara mendalam bidang akunting dan penguasaan komputernya.
c. Minimal
lulusan S1 untuk bidangnya.
2.4.4. Ticket Reservasi
a. Memiliki
kemampuan komputer.
b. Mampu
memberikan informasi yang jelas kepada konsumen/penumpang.
c. Mampu
berkomunikasi dengan baik.
d. Jujur
dan bertanggung jawab dalam bekerja.
e. Minimal
lulusan SMK/D III atau sederajat.
f.
Memiliki pengalaman pada bidang ticketing.
g. Berpenampilan
menarik.
2.4.5. Ticket Accounting
a. Memiliki
pengalaman pada bidang komputer dan akuntansi.
b. Memiliki
ilmu pengetahuan tentang dasar-dasar akuntansi.
c. Jujur
dan bertanggung jawab dalam bekerja.
d. Pendidikan
terakhir minimal SMK/D III atau sederajat.
e. Mampu
mengatur keuangan perusahaan.
f.
Berpenampilan menarik.
2.4.6. Messenger
a.
Pendidikan
terakhir minimal SMA/SMK dan sederajatnya.
b.
Bisa
menggunakan sepeda motor dan mempunyai Surat Ijin Mengemudi.(SIM).
2.4.7. Guide Free Land
a.
Mempunyai
lisensi sebagai pramuwisata.
b.
Minimal
mampu menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris dengan baik.
c.
Menguasai
bahasa asing selain bahasa Inggris dengan baik.
d.
Mampu
menguasai bidangnya dengan baik, seperti
pemanduan, obyek wisata, dll.
2.5 Hubungan Antar Bagian
Dalam
satu perusahaan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya mempunyai keterkaitan
hubungan, seperti hubungan yang ada dalam perusahaan PT. Jenny Tour &
Travel, antara pemimpin dengan manager dan staff mempunyai peranan yang sangat penting dalam
menentukan kebijakan perusahaan guna mengetahui perkembangan dan kemajuan
perusahaan serta mengatur segala bentuk kegiatan perusahaan. Dengan begitu
perusahaan akan berjalan ke arah yang diinginkan.
Selain
itu juga, dengan adanya hubungan-hubungan yang terbentuk satu sama lain dalam
struktur organisasi memudahkan bagi setiap bagian untuk menjalankan tugasnya
masing-masing tanpa harus mengerjakan hal lain yang bukan keterampilannya. Contohnya
saja saat penanganan tiket, setelah tiket di issued maka akunting tiket akan
membuat invoice atau nota pembayaran bagi pelanggan. Dan apabila saldo untuk
mencetak tiket
sudah habis, akan di top-up oleh seorang karyawan (messenger) ke bank.
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PKL
Kegiatan
praktik kerja lapangan (PKL) telah dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan sesuai
dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh pihak Akademik DIII Pariwisata
Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, berikut ini adalah Peraktik Kerja Lapangan :
Table 1.1
No
|
Tanggal
|
Jeni Kegiatan
|
keterangan
|
1
|
12-5-2014
|
Penerimaan dan perkenalan dengan staf PT. Jenny
Tour and Travel serta adaptasi dengan lingkungan pekerjaan selama seminggu.
|
Diterima dengan baik dan ramah
|
2
|
19-05-2014
|
Pembelajaran pekerjaan pada bagian tour operation
|
Melihat pekerjaan-pekerjaan yang
dilakukan dan menghafal nomer telepon serta fax hotel secara pelan-pelan
|
3
|
20-5-2014
|
Belajar menggunakan fax dan mengirim fax ke hotel yang akan
dibooking
|
Belajar menggunakan fax kantor dan
mengirim ke hotel tujuan (rutin)
|
4
|
20-5-2014
|
Belajar konfirmasi
fax ke hotel yang telah dikirimi fax
|
Setelah melakukan fax ke hotel
tujuan, langsung mengkonfirmasi agar fax yang dikirim diterima oleh pihak
hotel untuk segera disetujui (rutin)
|
5
|
20-5-2014
|
Melengkapi
berkas tour yang akan dijalani
|
Mengumpulkan berkas-berkas perjanjian
tour yang sudah fix di dalam sebuah map seperti booking hotel, tempat makan,
atau tempat wisata yang akan dikunjungi (rutin)
|
6
|
21-5-2014
|
Reissued+Check-in
tiket Lion ke hotel Plaza
|
Jika ada tiket Lion yang akan
dibatalkan atau di chek-in (rutin)
|
7
|
22-5-2014
|
Mengantar
tiket
|
Setiap tiket yang perlu untuk diantar
(rutin)
|
8
|
24-5-2014
|
Transfer tunai+top up ke Lion dan City Link
|
Jika saldo sudah habis (rutin)
|
9
|
24-5-2014
|
Mengambil selendang di Lombok Exotic
|
Sehari sebelum tour dijalani
(kadang-kadang)
|
10
|
25-5-2014
|
Penjemputan sekaligus penyambutan tamu dari Surabaya+sarapan
di rumah makan puyung di depan BIL+check-in hotel Jayakarta
|
Sebagai back-up dari kantor agar
kegiatan tour berjalan sesuai rencana
|
11
|
26-5-2014
|
Melengkapi
file white board
|
Membuat file tour bulanan yang ada di
papan putih ke dalam laptop
|
12
|
27-5-2014
|
Membuat berkas tour yang akan dijalani
|
Membuat file lengkap berkas tour
(rutin)
|
13
|
28-5-2014
|
Reissued
tiket Lion ke BIL
|
Perubahan jadwal apabila tidak bisa
dilakukan di konter Lion Hotel Lombok Plaza
|
14
|
30-5-2014
|
Membuat form ke hotel yang akan dibooking atas nama sendiri
|
Membuat surat booking hotel atas nama
sendiri
|
15
|
11-6-2014
|
Sakit
|
-
|
16
|
19-6-2014
|
Merayakan ulang tahun pimpinan perusahaan
|
-
|
17
|
30-6-2014
|
Mengisi white board dengan program tour bulanan
|
Mengisi papan putih yang ada di
rungan dengan program tour yang akan dijalani bulan Juli
|
18
|
03-7-2014
|
Bersih-bersih kantor+Buka bersama seluruh
pegawai
|
-
|
19
|
12-7-2014
|
Meeting dengan klien
dari Surabaya untuk perencanaan program tour
|
Diikutsertakan
oleh pak Jayus sebagai salah satu staff Jenny yang akan membantu dalam
menjalani program tour
|
20
|
13-7-2014
|
Menjadi back-up program Pacto Surabaya di Hotel Santika
|
Back-up tour agar berjalan sesuai
rencana
|
21
|
14-7-2014
|
Membayar tagihan telepon perusahaan
|
-
|
22
|
15-7-2014
|
Membayar tagihan pajak perusahaan
|
-
|
23
|
16-7-2014
|
Membayar tagihan listrik perusahaan
|
-
|
24
|
17-7-2014
|
Servis motor perusahaan
|
-
|
25
|
21-7-2014
|
Web Check-in Lion+refund tiket ke BIL
|
Melakukan web check-in melalui system
Lion jika ada (rutin) dan refund tiket ke BIL karena tidak dapat dilakukan di
konter cabang yang ada di Hotel Lombok Plaza
|
26
|
26-7-2014
|
Transfer out tamu di penginapan
ke bandara
|
Menjemput tamu di Living Asia untuk
ditransfer menuju bandara
|
27
|
27-7-2014
|
Check-in
tiket Garuda untuk menejer operasional
|
Check-in tiket garuda di kantor
cabang yang ada di Ampenan (rutin)
|
28
|
28-7-2014
|
Check-in
tiket Garuda untuk pimpinan perusahaan
|
-
|
29
|
01-8-2014
|
Perpisahan dengan pimpinan dan seluruh staf PT. Jenny Tour
and Travel
|
Mengantar baju perusahaan
|
Demikian laporan PKL yang dilakukan penulis
selama tiga bulan di PT. Jenny Tour and Travel yang dimulai dari tanggal 12 Mei
2014 s/d 1 Agustus yang telah diselesaikan.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1. Kesimpulan
Selama melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) di PT. Jenny Tour and Travel saya banyak mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berharga dimana saya bisa menerapkan ilmu-ilmu yang pernah didapatkan di perkuliahan. Ini merupakan suatu bentuk pembelajaran yang sangat penting guna menambah pengalaman yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan.
Dengan kegiatan PKL ini akan membantu mahasiswa untuk mengenal secara langsung dunia kerja serta tugas-tugas atau bentuk pelayanan yang diberikan kepada tamu/wisatawan yang sesungguhnya. Dengan kegiatan ini pula, dianjurkan bagaimana mengerjakan serta menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dari awal sampai akhir secara efektif dan efisien. Selain itu pula bisa mendidik untuk bersikap disiplin, baik waktu maupun bekerja secara jujur dan penuh tanggung jawab pada tugas yang diberikan.
Dengan kegiatan ini saya menyimpulkan bahwa praktek kerja lapangan ini merupakan program yang sangat penting bagi kami mahasiswa D III Pariwisata Fakultas Ekonomi Universitas Mataram karena dengan adanya program ini, kami dapat melihat langsung proses-proses kegiatan yang ada di dalam perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan lebih khusunya dalam bidang tour operation.
3.2. Saran
1. Agar
mahasiswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan hendaknya menjaga nama baik
lembaga dan lebih mengutamakan kesopanan dengan etika kerja yang tinggi.
2. Kepada
pihak PT. Jenny Tour and Travel diharapkan :
a. Agar
lebih mengoptimalkan kerjasama antar sesama karyawan agar segala sesuatu yang
dikerjakan bisa berjalan lebih baik dan semua permasalahan yang timbul dapat
terselesaikan secara baik.
b. Agar
menjaga sikap saat di dalam lingkungan pekerjaan serta saling menghormati
sesama karyawan sehingga terjalin harmonisasi antar sesama.
c. Untuk
meningkatkan pelayanan yang dibutuhkan oleh para pelanggan sehingga lebih
merasa puas dengan jasa yang disuguhkan oleh para karyawan PT. Jenny Tour and
Travel.
d. Mampu
mengadakan promosi-promosi perusahaan yang tepat dan cerdas agar dikenal
masyarakat luas.
e. Meningkatkan
kerjasama dengan industri pendukung pariwisata lainnya.
f.
Meningkatkan kedisiplinan kerja tepat pada
waktunya agar suatu pekerjaan berjalan dengan baik jika ada sikap kedisiplinan.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Perkembangan pariwisata (Refrensi dari Investor Daily Indonesia dan Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia
Bebas)
·
Berita
Resmi Statistik No. 12/02/Th. XVII, 3 Februari 2014
·
http://Rekor
terpecahkan! 8,6 juta wisman datang ke Indonesia tahun 2013-detik
travel.com (Selasa, 24/12/2013 17:40 WIB)
·
http://Mari Target 2014, 255 Juta Wisnus dan 9,2 Juta
Wisman-Kompas.com (Rabu, 25 Desember 2013 16:17 WIB)
·
http://Pulau Lombok menepati posisi ketiga untuk wisata
MICE/berita media-pemda NTB-2013 (NTB
Online Official Web Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, diakses pada hari
Senin, 12 Mei 2014 10.13 WIB)
·
http://Kunjungan
turis ke Indonesia naik 10 persen-antaranews.com (Jumat,
2 Mei 2014 17:03 WIB)
·
Official
web PT. Jenny Tour and Travel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar